Melejitnya sebuah custom game yang baru dirilis awal Januari kemarin, memungkinkan Dota Auto Chess bisa diikutsertakan dalam The International. Kepopuleran game ini juga mengalahkan Artifact (game yang dirilis resmi oleh Valve). Hal menariknya adalah Dota Auto Chess  ini tidak seperti catur pada umumnya. Kita pun tidak bisa menggerakkan pion (hero) yang ada. Hero bergerak secara otomatis. Buat kalian yang  belum tau, berikut Burung Tips #1: Basic Auto Chess




Gameplay
Tujuan dari game ini adalah menjadi yang terbaik. Jika lawan berhasil dikalahkan, maka otomatis tidak ada ronde selanjutnya. Tiga ronde pertama (1, 2, dan 3) kalian akan bertemu dengan creep. Selain 3 ronde tersebut creep akan muncul di pada ronde 10, 15, 20, dan selanjutnya (kelipatan 5). Selain ronde tersebut, kalian harus mengalahkan pemain lain. Lawan yang dihadapi tidak bisa ditentukan (akan didapat secara random/acak). Tiap rondenya kalian akan mendapat 5 hero yang harus dibeli dengan gold. Kalian akan mendapat uang (gold) tiap rondenya. Gold tersebut bisa bertambah dengan cepat jika kalian win streak, lose streak, atau menyimpan 50 gold. Untuk memenangkan game, hero-hero tersebut harus disinergikan. Jika 5 hero yang diberikan tidak sesuai, bisa melakukan refresh (re-roll heroes). Maksimal dari hero yang ada dalam board adalah 10 biji. Jumlah itu didapat jika courier kalian sudah mencapai level 10. Tombol experience (sebelah re-reroll) bisa ditekan untuk mendapat 4 exp. Exp sama nilainya dengan gold. Jika gold kalian 40, maka exp juga 40.

TIPS
  • Jangan terlalu banyak melakukan re-roll sebelum mencapai 50 gold. Dengan adanya 50 gold maka kalian akan mendapat gold tambahan sebesar 5 (interest gold). Namun, jika ingin bermain winstreak, tahan interest di +3 atau +2.
  • Jangan terlalu terpengaruh dengan skor/HP kalian. Sinergikan hero yang ada, dan jangan lupa untuk melihat kelemahan dari lawan, misal jika lawan yang dihadapi adalah hero-hero backline (sniper, kotl, drow, dll) kalian bisa build assasin. Tipe assasin akan “lompat” ke belakang (backline) musuh. Selain build assasin, kalian juga bisa build knight yang efeknya shield, maupun tipe warrior yang berefek +armor
  • Jika kalian mempunyai banyak gold, kalian bisa “mengacaukan” build dari musuh. Misal, jika musuh ada yang build hero-hero druid kalian bisa memperkecil kemungkinan musuh mendapatkan druid dengan membeli tipe hero tersebut saat muncul di random roll. Ini tidak akan mengurangi gold kalian, karena hero tersebut bisa dijual dengan harga yang sama.



  
Items
Items hanya akan didapat saat mengalahkan creep. Kemungkinan mendapatkan item tidak terlalu besar (tergantung hoki wkwk) jadi jangan terlalu berharap pada item. Item yang didapat dari creep adalah pecahan (bukan utuh). Misal, jika kalian ingin mendapatkan Monkey King Bar maka harus mengumpulkan 1 javelin, 1 demon edge, dan 1 quarterstaff. Begitupun dengan item lainnya (harus di combine).

TIPS
  • Segera berikan item yang telah didapat kepada hero kalian, karena item basic tersebut akan ter-combine secara otomatis jika sudah mendapat pecahan-pecahan yang utuh (lu simpen di courier ga bakalan guna cuk, apalagi lu simpen di tanah wkwk). Kecuali jika kalian ingin upgrade item basic yang ada, item bisa di-lock untuk mencegah auto combine
  • Jika lupa atau tidak tahu apa kombinasi dari sebuah item, kalian bisa klik-kanan item yang ada lalu klik Show Combinations.


Hero, Spesies Hero dan Kelas Hero



Untuk saat ini, total ada 52 hero dalam Dota 2 Auto Chess. Kalian bisa melihat daftar hero saat berada di dalam game. Untuk spesies hero ada 13, sedangkan kelas hero ada 10. Spesies (Beast, Demon, Dragon, Dwarf, Element, Elf, Goblin, Human, Ogre, Orc, Naga, Troll, dan Undead), sedangkan untuk kelas hero yaitu Assasin, Demon Hunter, Druid, Knight, Hunter, Mage, Mech, Shaman, Warlock, Warrior.

TIPS
  • Usahakan build hero-hero kuat di early (warrior, mec, druid).
  • Semua hero bisa di upgrade sampai max. Level 3. Membutuhkan 3 hero yang sama untuk upgrade hero level, kecuali tipe druid hanya membutuhkan 2 hero. Misal, jika kalian punya 2 enchantress dan 1 treant, maka 2 enchantress tersebut bisa diupgrade ke lv 2.
  • Jika mendapat hero yang sama (saat roll) segera kunci (lock) hero tersebut. Jangan lupa untuk men-unlock hero supaya di ronde selanjutnya hero tersebut akan diacak kembali.
  • Jangan lupa untuk cek daftar hero yang ada (Chess list) untuk mengetahui berapa banyak tipe yang kalian butuhkan saat membuat sinergi (build).
  • Tiap kelas dan spesies hero (druid, beast, warlock, mec, dll) bisa disinergikan jika mempunyai hero yang sama di board. Jumlah hero yang dibutuhkan berbeda-beda, bisa dilihat di skill hero tersebut.
Sekian tips Dota 2 Auto Chess: Burung Tips #1. Apa strategi yang biasa kalian gunakan? komen di bawah yaa :D

Sumber: